Selasa, 18 Desember 2012

OUTBOUND, OUTING, TEAM BUILDING, FAMILY GATHERING

OUTBOUND DESCRIPTION



Kami  mendesain program OUTING ACTIVITY secara unik dan mengikuti pola dinamika kelompok. Program ini terbukti mampu membentuk situasi belajar dalam setting permainan, yang mengarah pada ‘Accelerated Learning’. Proses ini terjadi, dimana PESERTA melakukan aktifitas dengan tujuan yang sama namun dilakukan di tempat terpisah. Masing-masing kelompok difasilitasi oleh para fasilitator  kami, yang berkompeten di bidang psikologi anak maupun dewasa dengan setting Outbound Training.

OUTBOUND yang memiliki makna “keluar dari keterbatasan-keterbatasan”, berupaya untuk melakukan pembebasan atas potensi dasar, pola pikir dan budaya, yang mengklaim segalanya dalam keterbatasan sehingga individu tersebut dapat melepas kesemuanya dengan cara mengenali potensi besar yang selama ini terpendam, merubah pola pikir yang membuat kaku dirinya, lepas dari budaya sugesti yang mempersempit pola pikir dan mengungkung potensi. Dalam hitungan jam, proses dinamika kelompok yang dilalui peserta. Dalam waktu yang relatif singkat, peserta biasanya mampu menunjukan kreativitas dan efektivitas  dalam banyak hal, termasuk mengikis ketergantungan pada orang lain baik ketika dihadapkan pada suatu permasalahan yang harus dipecahkan. Dalam permainan-permainan tersebut, peserta terlibat langsung secara kognitif (pikiran), afektif (emosi) dan sikomotorik (gerakan fisik motorik) sehingga proses kreativitas lebih efektif.  


Di akhir kegiatan, karyawan akan memaknakan seluruh proses yang telah dilaluinya sebagai suatu pelajaran, bagaimana berharganya hubungan pertemanan, rekan kerja, dalam sebuah proses dinamis menuju kelompok yang sinergis bagi perubahan ke arah yang lebih baik ; belajar bagaimana hubungan baik yang terjalin antara karyawan mampu menjadi energi besar bagi tumbuhnya  sense of belongingness terhadap perusahaan atau instansi, karena moment monumental ini dirasakan sebagai bentuk perhatian yang besar dari perusahaan atau instansi terhadap karyawannya.


PENDEKATAN PROGRAM ini, dilakukan melalui : 

1. Experiental Learning Approach
Suatu proses pembelajaran yang memiliki ciri  ‘Learning by Doing’. Dalam hal ini  karyawan belajar aktif melalui pengalaman-pengalaman terstruktur. Alam terbuka (bukan televisi) sebagai media belajar dapat membuat karyawan mengeluarkan respon spontan yang melibatkan faktor fisik, emosi, dan intelektual sehingga langsung merangsang proses pemahaman diri sendiri maupun orang lain, serta dapat menyerap dan mengembangkan paradigma postif bagi karyawan.
 
2. Quantum Learning
Yakni, metoda pembelajaran yang  memiliki ciri partisipasi dua arah, mengikuti permainan dengan senang (enjoy), adanya tantangan (challenge), menstimulasi unsur demokratis, kesempatan untuk mengungkapkan pendapat, dan terlepas dari rutinitas. 

  
3. Participatory Approach
Permainan-permainan tersebut bersifat interaktif dan partisipatif. Sehingga tidak ada kesan terpaksa dalam proses belajar yang dilalui.  

Metode-metode di atas apabila dipadukan dengan metode  Observasi dan Processing (Debrief),  maka lengkaplah menjadi  Sebuah Keluarga dalam Perusahaan“.


MANFAAT PROGRAM 

  1. Memiliki sikap positif sehingga mampu menghilangkan personal block maupun interpersonal block.
  2. Meningkatkan kebersamaan dan silaturrahmi antara karyawan. Peserta akan lebih arif  dalam melihat potensi diri. 
  3. Peserta akan mengembangkan rasa kepercayaan terhadap diri maupun terhadap rekan kerja dalam satu tim. 
  4. Mampu berempati kepada atasan, bawahan & sesama rekan kerja. 
  5. Peserta dapat lebih memahami arti yang sebenarnya dari kerjasama. 
  6. Peserta akan mendapatkan kesegaran baik secara jasmani maupun rohani.


MATERI KEGIATAN 

a.  Welcoming Program
Pada sesi awal peserta akan diberikan gambaran umum tentang tujuan gathering plus ini serta hal-hal yang dapat mengoptimalkan hasil dari program yang akan dilakukan tersebut. 

b.  Ice Breaking & Energizing
Kegitan ini diberikan untuk menghilangkan hambatan-hambatan personal yang biasanya muncul di antara para peserta gathering.  Apabila hambatan personal tersebut dapat dieliminir maka kegiatan selanjutnya akan terjadi proses dinamika kelompok yang menarik dan mengesankan.

c.  Low Impact Games
Building Trust & Self Confidence
Kegiatan ini akan menumbuhkan rasa saling percaya dan percaya diri di antara anggota dalam sebuah tim.

Team building
Peserta akan mempunyai pengaruh langsung terhadap perubahan pola pikir, proses kerja dan hasil karya dari masing-masing peserta pelatihan.  Materi ini sangat menantang dan mampu memberikan kesan positif yang dalam kepada setiap peserta pelatihan. Selain itu materi ini juga membantu peserta untuk menggali potensi dalam diri mereka masing-masing.

Teamwork Challenge
Pemahaman tentang sikap mental utama yang harus dimiliki seseorang baik di lingkungan kerja, keluarga dan masyarakat serta  dapat meningkatkan konstribusi langsung setiap peserta pelatihan kepada kelompok kerja dan perusahaannya. 

METODE PROGRAM
Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode yang bervariasi sehingga tidak menimbulkan kejenuhan dan kebosanan bagi peserta pelatihan. 
  Challenge game simulation

  Fun and fresh inspirative game
         
FACILITATOR
Program ini akan dipandu secara profesional oleh para Trainer dan fasilitator yang telah berpengalaman dalam management indoor / outdoor pelatihan, dalam bentuk transfer attitude, knowledge dan skills. Dimana setiap kegiatan yang dilaksanakan mengasah sensor kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual serta didukung Tim Rescue dan Medis yang berpengalaman dalam penanganan Emergency.

WAKTU 
Acara ini dapat dilaksanakan satu hari sampai dua hari.
TEMA KEGIATAN
            Kepribadian Ku Cermin Kerja Ku”
              TEMA kegiatan bisa menentukan sendiri sesuai keinginan.


SAMPEL GALERY KEGIATAN
( OUTBOUND SUKU DINAS KESEHATAN JAKARTA UTARA, LOKASI : MANDALA KITRI SCOUT CAMP - CIBODAS )











CLIENTS

  • SUKU DINAS KESEHATAN JAKARTA UTARA, LOKASI : CIBODAS
  • PT. JTEKT INDONESIA, LOKASI : SARI ATER HOT SPRING RESORT - SUBANG
  • MS NEUW JAKARTA / HOLLAND AMERICAN LINE,  LOKASI : KALIURANG - YOGYAKARTA
  • RUMAH SAKIT RA.AENUN HABIBIE ( RS. KHUSUS GINJAL ) BANDUNG, LOKASI : PANGANDARAN
  • PT. THASIMA DAYA SENTOSA, LOKASI : SARI ATER SPA RESORT
  • PT. INDONESIA THAI SUMMIT AUTO, LOKASI : SARI ATER HOT SPRING RESORT
  • PT. INDORAYA KIMIA, LOKASI : CIATER HIGHLAND RESORT - SUBANG
  • PT. INDORAYA KIMIA, LOKASI : BANTAR CARINGIN - SAGULING BANDUNG
  • PT. BINA RAHMATIKA, LOKASI : CIBODAS
  • SEKOLAH AL- MUSLIM BEKASI, LOKASI : PANGANDARAN
  • SEKOLAH ISLAM AL-AZHAR 16 CIKARANG, LOKASI : CIBODAS
  • SEKOLAH ISLAM AL-LUTFAH CIKARANG, LOKASI : CIBODAS
  • SEKOLAH KARYA IMAN LIPPO CIKARANG, LOKASI : BANDUNG
  • ETC.

FOR FURTHER INFORMATION, PLEASE CONTACT US :

MARSHOLIDAY86
office : 
VILLA MUTIARA CIKARANG 2 BLOK D 1 NO. 23 CIKARANG SELATAN - BEKASI 
hotline : 
021- 94139900
email : marsholiday86@gmail.com
contact person : SYAEFUL ANWAR
mobile : 085811380692; 087879215904; 082117045168

1 komentar: